Penyebab Terjadinya Bau Ketiak

Penyebab Terjadinya Bau Ketiak

Sebenarnya ketika bau badan belum tentu dihasilkan pada keringat, tetapi terjadi oleh bakteri yang mengurai keringat menjadi bau asam yang tidak enak.Berkeringat merupakan salah satu cara tubuh untuk mempertahankan temperatur. Ketika menguap, keringat membawa panas tubuh sehingga tubuh dapat menjadi lebih dingin.Tubuh mempunyai 4 juta kelenjar keringat dengan 2 jenis yang berbeda.

Kelenjar Ekrin, terdapat di seluruh bagian tubuh. Keringat yang dihasilkan kelenjar ini sebenarnya tidak berbau, kecuali kamu mengkonsumsi makanan tertentu seperti bawang putih, cabe, alkohol, dan obat-obatan.

Kelenjar Apokrin, terdapat di beberapa bagian tubuh yang berbulu, seperti ketiak dan selangkangan. Kelenjar tersebut menghasilkan bau khas dari kimiawi yang disebut feromon. Keringat dari kelenjar ini tinggi akan protein sehingga adalah sumber makanan potensial bagi bakteri. Semakin aktif kelenjar apokrin seseorang, maka bau badannya pun akan semakin terasa.

Pemutih Ketiak Permanen

Cara Untuk Menghilangkan bau badan yang tidak sedap sangat lah mudah berikut
  1. Cuci tangan mengunakan sabun dan air hangat setidaknya 1x sehari, khususnya pada bagian yang berbulu dan berlipat-lipat karena di sanalah sarang bakteri banyak bertumbuh.
  2. Gantilah pakaian kamu dan cucilah dengan teratur. Menambahkan Dettol Antiseptik Cair ke dalam cucian yang mampu membunuh 100 kuman penyebab penyakit.
  3. Gunakan deodoran atau antiperspirant pada ketiak setelah mandi. Produk yang berbentuk roll on juga dapat berguna.
  4. Cukurlah ketiak sehingga keringat mudah kering dan mencegah bakteri mengurainya.
  5. Pakailah bahan yang berongga seperti sutra, wool, katun, sehingga keringat mudah menguap
  6. Kurangi bawang putih dan cabe di makanan kamu

Komentar